Hamsterku Diabetes :'(

Sekitar beberapa minggu yang lalu ketika akan dibersihkan kandangnya, hamster saya terlihat lesu dan sulit bergerak, semakin kaget saat saya lihat kedua pinggulnya menjadi cekung, pantatnya basah dan dia berjalan lemah, jinjit dengan bokong lebih tinggi dari posisi kepala lalu dia terkulai. Saat itu terlihat sangat memprihatinkan, yang terfikir saat itu adalah hamster saya kena Diarrhea (Diare) akut atau mungkin Wet tail (ekor basah) makanya saya kasih carbo tablet (norit) untuk menghentikan diarenya dan mengeluarkan toxic-toxic dalam tubuhnya lalu memberikannya antibiotik dan larutan oralit yang saya buat sendiri (air+gula+garam dengan komposisi gara & gula @1 sdm per 200 ml air) untuk menggantikan cairan tubuhnya.Keadaan hamster yang sangat lemah membuatnya memerlukan bantuan untuk memasukkan obat & cairan tadi ke dalam tubuhnya,, karena hamster sudah benar2 kehilangan nafsu makan dan minumnya terpaksa saya pegangi hamster dan memasukkannya dgn paksa.

BEFORE

Photo0016

Photo0110

  Photo0344

AFTER

Photo0992 Photo0989

Sehari setelah treatment tersebut sempat membaik (walau tidak signifikan), pinggulnya masih cekung namun sudah terlihat ada gerakan2 kecil pada hamster, hamster juga sudah mulai bisa minum tapi tetap harus disuapi krn pipet botol minumnya sama sekali tidak pernah dia sentuh. Waktu itu saya fokus memasukkan cairan ke tubuhnya untuk menyelamatkan dia dari dehidrasi. Saya juga coba berikan madu untuk recover staminanya. Yang saya heran waktu itu fecesnya sama sekali tidak menunjukkan tanda-tanda Diarrhea akut, krn biasanya pemberian obat 1-3x dosis kecil belum sepenuhnya bisa membuat feces sepadat itu, bentuknya masih sangat padat (normal) hanya saja lebih kecil karena asupan makanannya yang memang sedikit.

Hari berikutnya keadaan hamster kembali memburuk, dalam 2 hari bobot hamster menurun drastis, badannya seperti menciut, tulang-tulang punggung terlihat jelas, daging di tangan dan kaki megecil drastis, area bawah perut dan pantatnya sangat basah dan ia sangat lemah seperti sekarat,,, saya jd bingung ini kalau bukan diare lantas itu cairan apa? wet tail rasanya kemungkinannya kecil karena penyakit ini biasanya menjangkiti hamster2 besar seperti jenis Sirria, sedangkan hamster saya jenis hamster kecil yaitu pearl albino winter white. Semakin bingung lah saya, saya memang bukan dokter… setelah baca-baca artikel di internet ada dugaan hamster saya kena diabetes…

Saya sempat mereview tingkah hamster saya beberapa bulan ke belakang yang ternyata memperkuat dugaan kalau dia terkena diabetes. Ciri-cirinya :

1. Ketika tidur badannya seperti gemetar
2. Tidurnya lebih lama dari hamster pada umumnya (sering mengantuk), saya punya 3 hamster dan diantara ketiganya memang hamster ini yang tidurnya paling lama.
3. Kencingnya banyak, sebetulnya beberapa bulan kebelakang hamster saya pantatnya sering basah dan berwarna kuning dari urinnya, tapi saya menyepelekan hal tersebut karena mungkin hamster saya bulunya berwarna putih jadi bekas urinnya sangat terlihat sementara 2 hamster lain yang berwarna abu2 tidak kelihatan. Saya memang kurang jeli, padahal jelas2 pantat si hamster putih ini selalu basah padahal yang 2 lainnya tidak. ini memandakan bahwa ia kencing berlebihan.
4. Dia sangat aktif di jogging wheel (olahraga berlebihan)
5. Bobot hamster menurun, bulu-bulu sekitar perut dan tangan rontok.
6. Minum berlebihan. Diantara ketiga hamster saya, si putih inilah yang botol minumnya selalu habis duluan.

Setelah saya yakin dengan penyakitnya saya jadi merasa bersalah, treatment yang saya berikan di hari pertama ia sakit saja sudah salah karena saya mengira dia diare. Mungkin yang memperburuk kondisinya adalah pemberian oralit & madu (yang celakanya keduanya justru mengandung glukosa dan fruktosa yang jelas2 harus ditekan konsumsinya oleh penderita diabetes, karena nyata2 penderita diabetes kadar gula dalam darahnya saja sudah berlebih)

Hampir putus asa mendengar tidak ada obatnya, ditambah lagi rasa bersalah karena saya memberikan treatment yang kacau.Evaluasi satu hal lagi, bahwa selama ini saya hanya mengandalkan pemberian makanan hamster dengan snack2/makanan hamster kemasan yang dijual di penjual hamster/petshop. Padahal seharusnya hamster juga diberikan makanan yang berimbang seperti pemberian protein melalui keju, telur rebus, kacang kedelai juga pemberian sayur2an seperti buncis, brokoli, wortel. Buah2an sebaiknya dijauhi oleh hamster yang terkena diabetes. Tapi pemberian sayur & buah ini juga tetap harus berimbang, jika berlebihan bisa mengakibatkan diare pada hamster.

Lagi-lagi saya merasa bersalah karena kurangnya pengetahuan tentang merawat hamster,, saya terlalu mengandalkan snack untuk pakan hamster meski kadang memberikan sayuran, keju, dan kacang kedelai tapi itu sangat jarang terhitung hanya beberapa kali dalam kurun waktu satu tahun.

Sempat merasa terlambat untuk berbuat sesuatu yang bisa menyelamatkan hamster saya, saya coba cari artikel2 mengenai diabetes pada hamster, namun kebanyakan (lagi-lagi) hanya menyarankan diet makanan seimbang (dibaca : kurangi gula). Hamster saya saat ini kritis, jangankan untuk makan, dipaksa diberikan minum saja hanya masuk sedikit. Makanan seimbang hanya untuk tindakan preventif, sementara saya perlu sesuatu yang bisa menekan/mengurangi gula darahnya lebih cepat dan mengeringkan diabetesnya,,, krn tidak tahan juga dengan bau busuknya yang membuat saya mual-mual.

Akhirnya saya putuskan mencari obat-obatan untuk diabetes pada manusia, cukup banyak obat2an komersial yang beredar di pasaran, namun harganya cukup mahal… lagipula saya tidak membutuhkan botolan obat sebegitu banyaknya karena untuk hamster jelas dosisnya amat kecil. Saya coba browsing saja tentang tanaman obat yang bisa mengeringkan diabetes, saya menemukan diantaranya brotowali, Pare (paria dlm bahasa sunda), dan sirih merah. Saya langsung tertuju pada pare dan Sirih merah, pare mudah didapat sementara sirih merah saya punya tanamannya di halaman belakang rumah. Jenis sirih ini cukup jarang ditemukan karena kebanyakan orang menanam sirih hijau.

Selain itu saya juga menemukan sebuah artikel mengenai penelitian menggunakan sirih merah yang dicobakan pada tikus, hasil penelitiannya membuktikan bahwa pemberian ekstrak sirih merah dengan dosis 200 gram/liter  selama 7 hari (kalo tidak salah🙂 )dapat menurunkan gula darah, mengeringkan luka diabetes dan menaikkan bobot tikus tersebut. Penelitian ini juga selanjutnya digunakan sebagai acuan untuk   pengobatan diabetes pada manusia.

Pukul 11 malam, saya bela-belain ke belakang rumah dan mengambil beberapa lembar sirih merah untuk diekstrak, Cara membuatnya :
1. Potong daun sirih (1 dibagi empat), lebih kecil lebih baik, bekas potongan pada daun akan mempermudah mengeluarkan zat-zat yang terkandung dalam daun sirih tersebut pada saat direbus.
2. Rebus dalam air (untuk 1 liter air tambahkan 200 gram daun sirih)
3. Biarkan sampai air dari 1 liter itu hanya tinggal menjadi 100 ml (atau jadikan larutan tersebut tinggal 10% jumlahnya dari larutan semula)

Dosis yang saya berikan pada hamster saya adalah 2 x 0,5 ml, saya berikan 2x sehari pagi dan sore masing2 0,5 ml.. untuk mempermudah pemberiannya beli saja pipet plastik di apotek (jangan yang kaca) karena khawatir saat dimasukkan ke mulut hamster bisa digigit dan pecah.. eits tapi ga semudah itu, karena ekstrak sirih ini rasanya benar2 pahit, bisa dipastikan hamster berontak menggeliat sana sini saat akan diminumkan, karena dari bau sirihnya saja hamster sudah tidak mau dekat-dekat. Awalnya saya cekoki hamster dengan paksa, tapi karena hamster terus berontak, cairan yang masuk ke mulutnya cuma sedikit dan lebih banyak yang terbuang. Hamster ini cukup susah dipaksa, karena kalau kita memegang terlalu erat untuk memaksa si hamster khawatir akan menyakitinya. Tips saya, campurkan dosis tersebut pada susu tawar (inget jangan yang manis dan mengandung glukosa/friktosa), saya pakai susu ultra yang tawar krn kalau susu sapi murni khawatir hamster justru sakit perut, mulas dan akan diare,, berdasarkan pengalaman saya setiap minum susu murni efek di perut terasa seperti itu karena memang susu murni kan sifatnya juga bisa membuang racun2 dalam tubuh, kalau manusia yang diare ga terlalu masalah tapi kalo hamster? nah kan repot! pemberian susu juga sebenarnya sih saya pakai karena darurat saja, jangan terlalu sering.

pada hari ke-4 treatment sirih merah pada hamster, kemajuan sudah mulai terlihat sejak hari pertama treatment, yang tadinya mengganti media serutan kayu di kandangnya 1 hari sebanyak 2x (karena sering basah, lengket dan bau), berangsur-angsur hanya jadi 1x sehari, diabetesnya tampak mengering, baunya berkurang, kencingnya terkontrol, nafsu makannya juga kembali normal. Di hari ke 4 saya tidak lagi mengganti media serutan kayunya karena masih bersih, tidak basah & bau… Semoga treatmentnya berhasil, pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan.. pelajaran juga bahwa binatang peliharaan juga amanah lho, kita mengambil kebebasan hidupnya maka harus kita perlakukan sebaik2nya, dirawat dengan telaten, perhatikan makanannya, sering2lah bercanda dengan binatang peliharaan supaya saat dia sakit kamu bisa peka dan kenali tanda-tandanya!

2 thoughts on “Hamsterku Diabetes :'(

  1. Dinar zarah says:

    Saya sudah baca blog ini dan membantu sekali…tapi saya mau tanyaa setelah sembuh apakah bulu dibagian perut hamster tumbuh lagi? Hamsterku jenis campbell dan sepertinya dia mengalami diabetes juga tapi tidak sampai basah gitu, mohon di jawab ya tq;)

    • terimakasih sudah mampir. Waktu itu hamster saya sempat 2 bulan sembuh dan mulai menunjukkan kemajuan, berat badannya berangsur naik setelah sempat turun drastis. Tapi tidak lama berselang kembali menderita sakit yang sama, mungkin karena hamster saya usianya sudah 3 tahun lebih (tergolong tua), jadi daya tahan tubuhnya sudah sangat melemah, pada sakit yang kedua itulah dia tidak tertolong lagi dan akhirnya mati😦

      Kalau mengenai bulunya, hamster saya setelah sembuh sepertinya tidak tumbuh lagi. Saya kurang tahu apa ini karena faktor penyakitnya atau memang usia hamsternya sudah tua. Sebab saya bandingkan dengan hamster saya yang usianya hampir 4 tahun memang bulu2nya cenderung rontok secara alami (tidak tumbuh lagi) walaupun tidak kena penyakit, terutama di bagian perut, tangan & kaki, juga kepala. Jadi maaf kalau saya tdk bisa memberikan info yang memadai, apa hamster mbak usianya masih muda?

Leave a Reply

